Rabu, Juli 24, 2024
BerandaDenpasarMasa Pandemi, 50 Pegawai BPBD Bali Ikuti Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

Masa Pandemi, 50 Pegawai BPBD Bali Ikuti Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

Denpasar, LAKSARA.ID – Di tengah Pandemi Covid-19 Sebanyak 50 pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali mengikuti sosialisasi Empat Pilar MPR RI yaitu Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara; UUD Tahun 1945; Sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR; NKRI Sebagai Bentuk Negara; Dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara; dibahas secara jelas dalam sosialisasi ini.

Anggota MPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya saat memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara sosialisasi empat pilar ini, pertama mengapresiasi dan menjelaskan tentang sejarah Pancasila serta Undang-Undang Dasar. “Memahami Pancasila tidak hanya sekedar sila-silanya saja, tapi juga sejarahnya yang diamanahkan oleh pendiri bangsa terdahulu,” ujarnya, Sabtu tanggal 14 Nopember 2020.

“Dipilihnya BPBD sebagai tempat dan peserta saya pandang tepat dalam situasi pandemi ini karena sebagai lembaga terdepan dalam penanganan pendemi Covid-19 saat ini. Pasti mampu menerapkan protokol kesehatan dalam melaksanakan kegiatan ini,” ucap I Gusti Agung Rai Wirajaya.

Politisi PDIP itu menerangkan, sosialisasi tersebut dilakukan untuk membumikan nilai-nilai kebangsaan terkandung dalam 4 MPR RI kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dan luring untuk mengurangi kerumunan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Para peserta pun diwajibkan cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker dan menjaga jarak selama kegiatan berlangsung.

I Gusti Agung Rai Wirajaya berharap sosialisasi tersebut menjadi wadah masyarakat dalam meningkatkan rasa untuk bersatu, saling menghargai di tengah perbedaan yang ada.

Sedangkan I Made Rentin Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali mengatakan mengapresiasi terselenggaranya acara sosialisasi empat pilar ini menurutnya sosialisasi empat pilar Kebangsaan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam rangka memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa. BPBD merupakan elemen penting di dalam menumbuh suburkan semangat tersebut.

“Kendati KTP sudah WNI semua, tanggung jawab kita bersama untuk memastikan bahwa empat pilar kebangsaan ini tetap kokoh menopang kehidupan berbangsa, dan bernegara di Republik yang kita cintai ini,” kata Made Rentin.

Kegiatan menghadirkan sejumlah narasumber, yakni Anggota MPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya; Akademisi Universitas Ngurah Rai, Ir. Ketut Witarka Yudiata dan Akademisi Saraswati I Gusti Ayu Diah Yuniti. (LA – DP)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments