Sekaa Geguntangan Meriahkan Kampanye Gede Dana di Angantelu

495 Views

Karangasem, LAKSARA.ID – Kemeriahan musik tradisional geguntangan memyambut kampanye pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Karangasem Gede Dana – Artha Dipa (Dana-Dipa).

Kampanye di Desa Antiga Kecamatan Manggis ini difasilitasi Relawan Angantelu Dana Arta ( RADAR) Antiga dan dipusatkan di empat lokasi yakni Pantai Labuan, Banjar Pangitebel, Banjar Yeh Malet dan lingkungan Batu Gampil, pada Jumat tanggal 16 Oktober 2020.

Pada kesempatan ini, calon Bupati Karangasem Gede Dana menjelaskan,   jika nanti dirinya menjadi Bupati Karangasem, maka ada 5 program prioritas yang akan benar-benar diterapkan di Gumi Lahar. Meliputi: (1) penguatan pangan, sandang, papan, (2) peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, (3) ketenagakerjaan dan sosial, (4) agama, adat dan budaya, serta (5) pariwisata.

Menurut Gede Dana, sektor pangan sengaja diletakkan paling awal karena setiap warga pasti membutuhkannya untuk kelangsungan hidup. Program yang hendak dijalankan nanti adalah mengadakan penelitian kontur atau tekstur tanah di tiap kecamatan. Misalnya, di Kecamatan Selat, bagaimana karakter tanahnya dan apa jenis tanaman yang sesuai. Begitu seterusnya.

“Pangan ini nanti akan diintegrasikan dengan pariwisata. Jadi sektor pertanian akan benar-benar digarap, agar warga memiliki kemandirian pangan. Kita telah mengalami masa cobaan dari mulai bom Bali, erupsi Gunung Agung dan sekarang pandemi di mana pariwisata benar-benar terpuruk. Namun jika memiliki tumpuan juga di bidang pertanian, maka setidaknya mampu bertahan seandainya pariwisata sedang lesu,” kata Gede Dana yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Karangasem.

Sementara itu, kehadiran calon Bupati Karangasem Gede Dana disambut meriah sekaa geguntangan Desa Antiga, tapi tetap dengan menjalankan protokol kesehatan.

Ketua Tim Relawan Radar Antiga I Wayan Simpen mengatakan bahwa kali ini yang hadir ialah Sekaa Geguntangan Gegirang Antiga, Rapi Lokal Kecamatan Manggis, Perwakilan Semeton Arya Belong Antiga Gegelang, warga  Jalan Batu Belah, dan perwakilan warga Bukit Abah.

Dia melanjutkan, sedang untuk warga lain yang hadir adalah para tokoh di wilayahnya masing- masing yang sudah pasti akan menggetoktularkan kepada keluarga besar dan warganya untuk sama-sama ikut mencoblos dan memenangkan Gede Dana dan Wayan Arta Dipa agar bisa menjadi Karangasem Satu. “Untuk perubahan di Karangasem atau dengan istilah era baru dan kami memdoakan agar semoga semua berjalan lancar, ” katanya.

Dia menambahkan, Karangasem saat ini ada salah pengelolaan yang tidak beres, sehingga roda pembangunan terhambat

“Saya punya keyakinan Gede Dana pasti bisa memimpin dan juga memiliki sikap ketulusan, fokus dan lurus memajukan Karangasem. Jangan terkecoh dengan janji- janji atau sembako, dan serangan fajar yang akan menyebabkan lima tahun nanti menyesal. Kalau tidak sekarang kapan lagi kesempatan memiliki pemimpin yang tepat. Mari kita coblos nomor satu Gede Dana- Wayan Arta Dipa,” katanya.

Pada kampanye kali ini, Gede Dana didampingi anggota DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali Wayan Sutena, anggota DPRD PDIP dapil Manggis Wayan Sunarta, Ketua Pemenangan Kabupaten Nengah Suadi dan Ketua Pemenangan Kecamatan I Wayan Simpen. (LA – KA1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *