PAD Kecil, Koster: Pilih Dana-Dipa untuk Bangun Masa Depan Karangasem

701 Views

Karangasem, LAKSARA.ID – Kondisi Kecamatan Kubu selama ini terbilang memprihatinkan. Daerah ini dikenal sebagai wilayah yang tandus dan kering, serta setiap tahun dibayang-bayangi adanya musibah kebakaran yang melanda.

Sebagai calon Bupati Karangasem nomor urut 1, Gede Dana menyatakan keprihatinan atas kondisi ini. Keprihatinan ini diungkapkan Gede Dana saat berpidato kampanye yang dihadiri Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali Wayan Koster dan calon Wakil Bupati Karangasem Artha Dipa, yang berlangsung di Banjar Taman Sari Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Karangasem, Minggu tanggal 11 Oktober 2020.

“Saya benar-benar prihatian, hampir tiap tahun saya dengar ada musibah kebakaran di Kubu. Dua bulan lalu juga terjadi kebakaran. Jadi saya sudah berpikir lama, untuk menyediakan mobil pemadam kebakaran supaya jika ada musibah segera teratasi,” kata Gede Dana.

Jika mengandalkan mobil kebakaran dari kabupaten, lanjut Ketua DPC PDI Perjuangan Karangasem, jaraknya terlalu jauh dan nanti bisa-bisa rumah penduduk yang terbakar keburu hangus tidak tersisa. “Nanti sekalian disiapkan sopir dan tenaga penanganan jika ada musibah kebakaran terjadi di Kubu. Astungkara saya nanti terpilih, astungkara saya akan wujudkan hal ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Wayan Koster menyebutkan, selama dua tahun lebih menjadi Gubernur Bali, pihaknya telah memetakan dan mengetahui secara pasti permasalahan yang ada di 9 kabupaten/kota yang ada di Bali. Termasuk mengetahui perkembangan pembangunan di kabupaten/kota di Bali, serta kemampuan untuk menggali dana pemerintah setempat.

“Karangasem ini kemampuan keuangannya menurun. Dulu sempat Rp 240 an miliar, sekarang di angka Rp 60 miliar. Ini hanya cukup bayar gaji atau listrik perkantoran. Tidak bisa untuk pembiayaan bikin jalan baru. Malah, jalan yang sudah ada saja tidak bisa merawat, akibatnya jalan rusak bertambah banyak,” ujar Wayan Koster.

Menyikapi kondisi ini, Wayan Koster mengajak masyarakat Kubu untuk memilih pemimpin yang baik. Pemimpin yang mempunyai kemampuan memimpin, bermoralitas baik, integritas dan komitmen untuk ngayah sekala niskala demi membangun Karangasem.

Dan pemimpin seperti pasangan Gede Dana-Artha Dipa, menurutnya sanggup mengemban tugas untuk memperbaiki dan membangun masa depan Karangasem. Dengan visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, Karangasem Era Baru akan hadir. “Dengan kondisi PAD yang kecil, dengan pemimpin yang bervisi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, kami pasti akan turun tangan membantu pembiayaan pembangunan di Karangasem,” ujar Wayan Koster. (LA – KA1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *