Bupati Mahayastra Kunjungi Urban Farming di Banjar Tengah Desa Bedulu

353 Views

Gianyar, LAKSARA.ID- Bupati Gianyar Made Mahayastra didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Adnyani Mahayastra dan wakil Ketua Ny Diana Dewi Agung Mayun berkesempatan mengunjungi program inovasi kreatif warga di Banjar Tengah Desa Bedulu, di bidang penghijauan, Senin (20/7).

Balai banjar mereka sulap menjadi tempat pembibitan tanaman untuk selanjutnya akan dititip di masing-masing KK untuk dipelihara dengan sistem bagi hasil. Seperti dijelaskan oleh kelian Adat Banjar Tengah Desa Bedulu, I Ketut John, ide awalnya adalah pada masa pandemi covid 19 beberapa bulan lalu. Saat itu masyarakat dianjurkan untuk beraktivitas di rumah, mengatasi hal tersebut para prajuru adat dan didukung oleh anggota DPRD Gianyar fraksi PDIP asal Desa Bedulu, Gusti Ngurah Made Serana  berinisiatif bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan terbatas atau lebih dikenal dengan istilah urban farming untuk kemudian dititip di rumah warga.  

Untuk tahap awal, menurut Ketut John, dibuat sekitar 600 bibit dalam polybag untuk tanaman cabai, tomat, timun, selada dan bunga mitir. Untuk tempat pembibitan pihaknya memanfaatkan balai banjar, untuk kemudian nanti setelah tumbuh bibit akan dititipkan di masing-masing warga yang ada di 4 tempekan di Banjar Tengah. Selama masa pembibitan pihaknya bekerja sama dengan PKK banjar, untuk bergantian menyiram dan memberi pupuk. Untuk pupuk mereka memakai pupuk organik dengan memanfaatkan limbah rumah tangga. Begitu juga dengan tanah yang mereka pakai untuk media di polybag juga memanfaatkan tanah di got atau selokan, selain cukup subur juga untuk menjaga kebersihan selokan agar tidak mampet saat musim hujan.

“Kami berupaya memanfaatkan hal-hal yang ada di lingkungan sekitar dulu, bagaimana lingkungan menjadi bersih dan memberikan manfaat bagi warga masyarakat kami,” jelas Ketut John.

Dijelaskan lagi, untuk sistem titip tanam nanti warga  diserahkan 3 bibit tanaman. Jika suatu saat nanti ada hasil akan dibagi 3, artinya 1 untuk pemilik rumah dan 2 untuk PKK. Proses ini akan dipantau terus baik itu pertumbuhan maupun pupuknya. Nanti PKK di masing-masing tempekan inilah yang akan terus memantau. Kedepan kemungkinan ada seribu tanaman yang akan disebar.

Sementara itu, Bupati Gianyar Made Mahayastra dan  Ketua TP PKK Kabupatrn Gianyar Ny Adnyani Mahayastra sangat mengapresiasi program warga di Banjar Tengah di bidang penghijauan ini.

Bahkan Ny Adnyani Mahayastra mengatakan, ini merupakan salah satu dari program Hatinya PKK, yaitu bagaimana memanfaatkan lahan pekarangan dengan tanaman TOGA dan kebutuhan dapur lainnya.

Ia berharap, semoga langkah ini dapat ditiru oleh masyarakat di banjar-banjar lainnya. (010)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *