TMMD Kodim 1619/Tabanan Resmi Ditutup Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa

298 Views

Tabanan, Laksara.id – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menutup secara resmi pelaksanaan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 Kodim 1619/Tabanan di Desa Gubug dan Desa Bongan, Kabupaten Tabanan, Kamis (31/10).

Upacara penutupan pelaksanaan TMMD yang telah berlangsung selama 30 hari itu, dipusatkan di Lapangan Desa Gubug, Kabupaten Tabanan, Bali.Sebagaimana ketentuan yang berlaku bahwa saat pembukaan TMMD dilakukan oleh pejabat sipil, maka pada penutupan dilakukan oleh pejabat militer. Menjadi kebanggaan bahwa penutupan TMMD ke 106 Kodim 1619/Tabanan dilakukan oleh Kasad dan juga serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Rangkaian kegiatan penutupan ini diawali dengan penyambutan Kasad beserta Ny Hetty Andika Perkasa dengan pengalungan bunga dan penyerahan hand buket. Untuk selanjutnya menerima paparan Dansatgas TMMD, Letkol Inf Toni Sri Hartanto kepada Kasad dan rombongan bertempat di aula Kantor Desa Gubug.

Dansatgas menjelaskan tentang proses perencanaan, penyiapan, pelaksanaan hingga hasil yang sudah dicapai dan berhasil diwujudkan selama TMMD di dua desa tersebut, yakni pembuatan jembatan sepanjang 17 meter dengan lebar 5,5 meter dan tinggi 5 meter, pembuatan senderan, pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 65 meter, bedah rumah 2 unit dengan anggaran seluruhnya Rp1,6 miliar.

Kasad dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tabanan yang telah mengalokasikan anggaran sebanyak Rp1,6 miliar, disertai dana tambahan sebesar Rp100 juta.Kasad menyebutkan, anggaran disiapkan pemerintah kabupaten, sementara TNI siap dengan tenaganya. Semangat kebersamaan dan gotong-royong yang dilakukan TNI bersama masyarakat menjadi suatu contoh yang patut dipertahankan dan ditingkatkan.

Jenderal TNI Andika Perkasa yang didampingi Ny Hetty Andika Perkasa mengaku sangat terkesan dengan penyambutan yang dilakukan dengan melibatkan masyarakat dan anak sekolah, serta hal-hal yang bernuansa kearifan lokal.Selain itu, Kasad juga sangat mengapresiasi partisipasi masyarakat yang sangat tinggi dalam pelaksanaan TMMD yang telah berlangsung selama 30 hari.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Tabanan Putu Eka Wiryastuti menilai TMMD bukanlah hal asing lagi karena sudah dilakukan sejak dulu dan banyak membantu pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat. “Di mana ada rakyat, di situ ada TNI, dan begitu juga sebaliknya,” ujarnya.

Dikatakan, sinergi dan kerja sama antara TNI dengan pemerintah kabupaten dan masyarakat dalam konteks TMMD, memang benar-benar dirasakan manfaatnya.Usai upacara penutupan, Kasad didampingi Ny Hetty Andika Perkasa dan Bupati Tabanan menyerahkan 2 buah sertifikat tanah, 2 buah kunci hasil bedah rumah, buku perpustakaan bantuan dari Perpustakaan Nasional, penyerahan sembako secara simbolis, alat penetas telur, dan pupuk Bios 44 kepada warga desa setempat.Setelah itu, rangkaian kegiatan diakhiri dengan peninjauan stand pameran bhakti sosial oleh seluruh tamu undangan yang hadir. (LA-010)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *