Senin, Juli 15, 2024
BerandaDaerahKagum Kerapihan Terminal Mengwi, Menhub RI: Ini Kejutan Buat Saya

Kagum Kerapihan Terminal Mengwi, Menhub RI: Ini Kejutan Buat Saya

Badung, Laksara.id – Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi datang ke Pulau Dewata untuk melihat keadaan terminal yang ada di Bali. Salah satunya adalah meninjau terminal yang berada di daerah Mengwi Kabupaten Badung, pada Kamis (8/8).

Budi Karya sangat memperhatikan terminal yang ada di Bali karena, merupakan tujuan utama wisatawan datang ke Indonesia. Kunjungan kali ini merupakan penugasan Presiden Joko Widodo, dalam rangka memperhatikan fasilitas umum yang ada di Bali, terutama di bagian angkutan umum.

Sebelumnya, Budi Karya sempat mengobrol dengan salah satu penumpang yang berasal dari Tulungagung yang berprofesi sebagai sebagai kuli bangunan. Ketika ditemui oleh awak media media penumpang itu mengatakan, “Saya merasa sangat senang dapat bertemu dengan Pak Menteri Perhubungan. Sejauh ini, kami sangat nyaman dengan fasilitas yang telah disediakan. Mulai dari tarif yang tidak terlalu mahal, dari Tulungagung ke Bali atau sebaliknya hanya membayar Rp 220 ribu saja. Dan pesan saya sebaiknya proses keberangkatannya ditingkatkan, supaya lebih cepat sampai tujuan.”

Selanjutnya, Menteri Budi Karya memasuki salah satu bus dan mengecek kondisinya. Ia ingin memastikan jika para penumpang yang di sana merasa nyaman dengan fasilitas yang ada.

Budi Karya akan merencanakan adanya otonomus, yakni dari Ngurah Rai ke Central Parkir Kuta dengan jarak kira-kira 6 km, dan mungkin di tahun 2020 sudah selesai. Oleh karena itu, hal ini merupakan langkah awal untuk membuat otonomus dari Ngurah Rai ke Kuta,ke Sanur, ke central yang lain dan itu akan terus berlanjut hingga ke Singaraja/Bandara. “Bandara tidak akan kita bangun kalau angkutan umum ini ada,” kata Budi karya.

Budi juga menjelaskan otonomus ini merupakan jalur antara kereta api dengan bus. Rencananya Menteri PUPR akan membangun jalan besar dari Denpasar ke Singaraja dan akan dilengkapi dengan otonomus. Pembangunan ini mungkin akan sekesai sekitar empat tahun lagi. Dana yang akan disiapkan untuk pembangunan ini sebesar Rp 3 miliar.

:Dulu sekitar dua atau tiga tahun yang lalu saya ke berkunjung ke sini, masih sangat berantakan, dan ketika saya ke sini lagi tempat ini sudah bagus dan tertata rapi, mungkin ini kejutan untuk saya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa para penumpang sudah mulai meningkat sekitar 50-100 bis, tetapi ia menginginkan kapasitas ini bisa mencapai 300 bis. Angkutan umum ini juga akan diberikan subsidi supaya lebih terjangkau dan jika ini berhasil ia akan menambah lagi dua arah, sehingga antara empat titik yakni Mengwi, Ubung, central Kuta, dan Dalung terhubung rutin setiap 10 menit, serta diharapkan angkutan umum beroperasi 10 jam sehari. (LA-Tia)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments