Mengkaji Kesejahteraan Pengerajin Perak, I Gusti Ayu Made Agung Mas Andriani Pratiwi Raih Doktor di Prodi Doktor Ilmu Ekonomi FEB Unud

135 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Pada kesempatan ini, Promovenda I Gusti Ayu Made Agung Mas Andriani Pratiwi, SE., M.Si menyampaikan Disertasi yang mengangkat topik tentang Kesejahteraan Pengerajin Perak di Kabupaten Gianyar. Judul dari disertasi ini “PERAN LITERASI KEUANGAN DAN VARIABEL LAINNYA TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA DAN KESEJAHTERAAN PENGRAJIN PERAK DI KABUPATEN GIANYAR”. Industri kerajinan perak saat ini berada pada kondisi stagnan bahkan cenderung mengalami penurunan terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 sehingga apabila kesejahteraan dibiarkan dapat berdampak pada keberlangsungan usaha dan pengrajin perak. 

Populasi dalam penelitian ini ditemukan sebanyak 235 unit usaha kerajinan perak di Kabupaten Gianyar. Setelah dilakukan pemilahan sampel berdasarkan kriteria, yaitu perusahaan memiliki izin usaha yang berada di bawah pembinaan Disperindag Provinsi Bali dan masih aktif dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya, maka didapatkan sampel akhir sebanyak 95 unit usaha IKM kerajinan perak di Kabupaten Gianyar. Unit analisis dalam penelitian ini adalah perusahaan tetapi dalam menjalankan wawancara terstruktur, responden dalam penelitian ini ditujukan kepada pemilik/pengelola IKM kerajinan perak di Kabupaten Gianyar. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara terstruktur, dan mendalami yang dianalisis menggunakan SEM-PLS dan analisis SWOT. 

Sidang Promosi Doktor ini dilaksanakan secara Offline, dimana Promotor dari Promovenda ini adalah Bapak Prof. Dr. Drs. Made Kembar Sri Budhi, MP, serta Kopromotor Prof. Dr. Made Suyana Utama, SE, MS dan Kopromotor II adalah Dr. Dra. AAIN Marhaeni, MS Ujian ini dipimpin oleh Bapak Ketua Sidang yang pada kesempatan ini dipimpin oleh Ibu Koprodi, Ibu Prof. Dr. Ni Nyoman Yuliarmi, SE, MP Promovenda merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tabanan dan saat ini sebagai Sekretaris program Studi Ekonomi Pembangunan. Promovenda berhasil lulus ujian dengan predikat Memuaskan. (LA-Yog)
Sumber: www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *